Kamis, 14 Maret 2013

Service Tv LCD dan DVD

Service Tv dan home theater

Service DVD player mini home theater.
DVD player dengan kerusakan tidak ada suara,setelah dicheck,unit ini menggunakan sound prosessor untuk system 5.1 channel.Kerusakan di ic ini dimungkinkan amatlah jarang ,karena sudah memakai system speaker sendiri untuk output suaranya .selain itu setelah dicek bagian inputnya ternyata bekerja normal.
Mungkin kerusakan terdapat di Ic main prosessornya,MT1389DE.
Kami coba untuk mengganti Ic tersebut,tapi ternyata hasilnya negatif/sama saja.
setelah browsing keteman-teman yang memang sudah spesialis dibidang DVD player,kami sedikit ada pencerahan,walaupun hasil dari browsing tidak 100% sama.
Ternyata kerusakan ada pada bagian firmwarenya,karena setelah diganti dengan flash memory dari DVD yang normal suaranya bisa keluar,namun fungsi lainnya jadi abnormal,karena tidak sesuai dengan settingan aslinya.
Kami coba untuk mengedit firmwarenya,ternyata malah bikin pusing kepala ,karena bukan bidangnya.
Hampir putus asa menghadapi kasus ini,karena dalam hati (maaf)untungnya tidak seberapa,namun karena rasa ingin tahu/penasaran kita berusaha untuk menyelesaikannya.
Setelah lama ,kita coba lagi software editornya,ternyata ketemu juga caranya.setelah dicoba ternyata bisa berhasil.bBerikut sedikit screen shot cara editnya (my version).

Kita gunakan software MTK remaker


 
Bagi yang sudah tahu (tehnisi) dapat diedit langsung di bagian sound block.
Buka file dari firmaware dvd yang masih sempurna ,kemudian simpan file soundnya,seperti yg ada di gambar.
Langkah kedua buka file dvd yang mau di edit,kemudian replace/ganti filenya dengan file yang disimpan tadi,lalu simpan semua hasil editan.


Lakukan pengecekan ukuran file, apabila sudah sama/selisih sedikit dari ukuran maka lakukan flashing pada eeprom ,dan mudah-mudahan berhasil.
Terima kasih kepada teman-teman di blog yang sudah memberikan informasinya.

                   AVTRONIC SERVICE



Tidak ada komentar:

Posting Komentar