Rabu, 13 Maret 2013

Menganalisa sendiri kerusakan tv

Spesialis tv

Analisa sederhana kerusakan tv LCD

Bagi sebagian user atau pemakai televisi terutama type LCD, mungkin akan merasa bingung dan khawatir apabila unit anda mengalami gangguan/masalah. Karena bagi yang tidak mengerti sama sekali mungkin khawatir kalau biaya servisnya akan sangat mahal.
Spesialis service tv ,Avtronic serviceUntuk itu kami berikan beberapa analisa ringan tentang kerusakan yang terjadi pada unit anda. 
Berikut beberapa jenis kerusakan yang sering terjadi pada TV LED, LCD.

spesialis service tv Lcd Led,plasma1. Mati total
  Cek kabel power ac/stop kontak dahulu, kerusakan mungkin bagian power supply, atau Mainboard.
2.Tidak ada gambar,tapi suara ada
  Cek tampilan dilayar /tekan tombol menu/volume, tampil atau tidak. Apabila:
  a.
Tampil, Kemungkinan kerusakan ada pada bagian mainboard
  b.
Tidak tampil,kerusakan ada pada bagian backlight unit atau panel.
3. Ada gambar tetapi tidak ada suara
  Cek dulu bagian volume, posisi mute/normal. Kalau anda menggunakan antena analog sebagai masukan/input,coba dicek bagian system
  suara, biasanya pakai system BG atau bisa juga di auto program lagi. Kalau anda menggunakan masukan AV atau tv kabel, cek dulu bagian kabel audio, apakah tersambung dengan baik atau tidak, bila meragukan akan kualitas kabel segera ganti dengan yang baru.
Kalau semua sudah diperiksa dengan baik tetapi hasilnya tetap sama, maka kemungkinan kerusakan ada di bagian power audio, Speker atau mainboard.
4. Layar bergaris, gambar kasar, warna berubah, atau cacat yang lain.
kemungkinan terbesar adalah layar atau panel LCD anda yang rusak. Untuk model dan type tertentu, layarnya masih bisa diperbaiki lagi sesuai dengan kondisi layarnya.
5. Gambar penuh, pada posisi blue back normal tapi waktu tampil gambar, gambarnya cacat, blur/klise, Flicker atau cacat yang lain.
Cek input masukan video in jika menggunakan masukan AV atau HDMI periksa kabel dan perangkat yang berhubungan, jika sama saja maka kemungkinan kerusakan ada pada bagian mainboard,logic control/Tcon atau bisa juga panel.                                              6. Ada tampil peringatan dilayar tv anda, seperti "USB kelebihan arus", terdapat pada tv merek Toshiba, ini berarti mainboard anda mengalami kerusakan dibagian port usb nya. Bisa dikonsultasikan dulu kepada teknisi apakah masih bisa diperbaiki atau harus dilakukan penggantian.
Demikian beberapa analisa sederhana tentang kerusakan tv,
tetapi sebagai user diharapkan juga untuk memahami cara pengoperasian unitnya sendiri, karena tidak sedikit dari mereka yang salah mengoperasikan unitnya tetapi dianggap rusak.
Pelajari dengan seksama petunjuk penggunaan,dan fitur-fitur yang tersedia di buku user manual anda !
  

                                  AVTRONIC SERVICE

  
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar