Thursday, June 13, 2013

Spesialis Service Powersupply TV


Service Powersupply TV (session 2)


Power supply with Standby power


Pada session 1 telah kita jelaskan sedikit tentang cara kerja SMPS.Kali ini kita akan membahas SMPS yang dilengkapi dengan system Standby.
Seperti penjelasan terdahulu,disini kita akan menjelaskan secara teori dasar saja,karena akan banyak varian / model yang beredar,namun pada prinsip kerjanya tidak jauh berbeda.
Pada system SMPS ini,Standby atau yang biasa diartikan sebagai OFFLINE SMPS,lebih berfungsi sebagai supply untuk MICOM saja,karena pada saat unit secara keseluruhan dalam keadaan off (standby),kecuali power standby saja yang bekerja,maka daya yang tidak dibutuhkan akan menjadi off.
Berikut cara kerja sebuah SMPS yang menggunakan system Standby:
1.Pada saat posisi standby,semua daya di-offkan,kecuali bagian stanby SMPSnya.
2.Saat Micom memberi signal (dalam bentuk tegangan tertentu) ke SMPS untuk ON,maka akan terjadi system kerja kurang lebih sebagai berikut:
   2.1.Switch on(biasanya melalui sirkuit optocoupler),akan memberikan tegangan kerja ke driver PFC (Power Factor Correction) untuk bekerja,apabila:
       2.1.1.PFCnya normal maka akan dilanjutkan ke proses selanjutnya.
       2.1.2.Tetapi apabila PFCnya bermasalah,maka akan memberikan signal melalui sirkuit AC detector untuk memberi signal ke MICOM bahwa ada permasalahan dibagian SMPSnya,dan MICOM akan menghentikan /mengulang start lagi (di unit tertentu akan memberikan signal error melalui interface LED indikator).Ac detector kadang juga dihubungkan dengan standby power itu sendiri.
   2.2.proses selanjutnya main SMPS akan bekerja sepenuhnya setelah sirkuit PFC bekerja normal,namun jika terjadi kegagalan dikarenakan sirkuit main SMPSnya abnormal,sehingga menyebabkan tegangan output tidak keluar/abnormal,maka dari mainboard akan memberikan signal melalui sirkuit proteksi untuk menghentikan semua proses di SMPS.
Begitu juga apabila terjadi error/kesalahan tegangan yang terjadi di semua board yang disupply oleh SMPS,maka secara otomatis system protect juga akan bekerja.
Untuk jenis SMPS tertentu dilengkapi system control yang terprogram(sebagai contoh SMPS tv plasma), tetapi system kerjanya hampir sama,namun agak lebih rumit.
Untuk itu sudah disebutkan dari awal,sebelum melakukan diagnosa,perlu sekali untuk mempelajari dulu system kerja dari unit yang akan dikerjakan.
Sedikit info dari kami semoga bisa memberikan sedikit pengetahuan akan system kerja dari sebuah SMPS secara sederhana,sehingga bisa lebih membantu dalam menganalisa kerusakan yang terjadi.
Semoga bermanfaat.

Spesialis service powersupply mati,no standby,short,protect