Wednesday, May 22, 2013

Service tv powersupply mati

Spesialis service tv bagian powersupply


Powersupply sony KLV 32 S400

Kali ini kita membahas sedikit tentang kerusakan tv yang umum terjadi pada baian powersupply unit.
Disini kita akan mencontohkan kerusakan pada powersupply Sony LCD KLV 32-v400.
Sbelum kita lepaskan board PSUnya terlebih dahulu kita coba menyalakn tv, apakah masih bisa untuk standby atau mati sama sekali.
Apabila masih standby maka pada umumnya bagian supply standbynya masih dalam keadaan normal,baru kita cek untuk kebagian lain.
Tetapi apabila kedaannya sudah tidak mau standby lagi ,maka kemungkinan besar bagian standbynya rusak.
Yang akan kita bahas kali ini,adalah Trik dari reparasi powersupply yang masih bisa standby,namun untuk tegangan yang lain,12v,13v,dan 24v nya tidak keluar.
SERVICE TV SONY LCD,LED,CRT,Projection tv,Ph.0838 99056788Pertama kali kita cari dulu pin standby 3,3vnya,AC det,dan power on nya,setelah ketemu kita kita coba beri jumper dari 3,3v kebagian Pon nya,untuk mencoba menyalakan PSU secara manual.

Setelah jumper kita pasang kita coba untuk menyalakannya,coba diukur untuk output tegangan yang lain apakah bisa keluar apa tidak.Apabila tidak keluar juga berarti memang kerusakan ada pada bagian ini,buka di bagian Mainboard.
Kemudian kita aka cek bagian PFCnya hati-hati ,karena bagian ini tersambung langsung ke bagian lineAC.
Cek dulu pada bagian FET drivernya ,short apa tidak.APABILA TIDAK SHORT,maka kita chek R fusenya dulu,putus apa tidak,kemudian bila tidak normal semua,maka:
Kita cek pada bagian supply tegangan (masih dibagian Primer) yang keluar dari primer trafo standby,sampay menuju ke pin vcc dari ic driver PFCnya,apakah normal atau tidak.
Apabila tegangan di output primer bagus,namun di pin IC drivernya drop/nol,maka sudah bisa dipastikan ic drivernya rusak.tetapi kalau tegangan masih bisa sampai di Pin ic driver dengan sempurna,maka masih ada kemungkinan bahwa ic drivernya belum rusak.
Langkah kedua kita cek pada bagian fet drivernya,kita lepas,dan kita ukur keluaran sinyal dari output pin ic driver keluar apa tidak,bila tidak keluar maka artinya ic drivernya rusak,meskipun tegangan vccnya tidak short.
Untuk mengatasi ini kita bisa lakukan sedikit trik dengan cara mendisable fungsi dari PFC,artinya kita tidak lagi memakai PFC,namun harus perlu hati-hati karena tidak semua powersupply bisa kita buat demikian,maka sebaiknya pelajari dulu system kerja dari masing-masing type PSU,dan hendaknya dicoba/ditest dulu untuk beberapa lama agar benar-benar yakin hasilnya akan bagus/awet.
Untuk mengaktifkan output tegangan yang lain (12v,13v,24v),biasanya diperlukan tegangan vcc dari primer standby ke IC driver di trafo bagian tegangan ini,biasanya juga tegangan akan diumpan melalui switch ic PFC atau transistor.
Dikarenakan PFCnya rusak maka tegangan vcc yang disupply ke IC driver akan non aktif juga. 
Untuk memodifikasinya bisa kita lihat di gambar.
sekali lagi berhati - hatilah,karena mungkin ini tidak berlaku untuk semua PSU,maka untuk itu kita musti hati - hati dan perlu dipelajari lagi unit yang kita kerjakan.
Hal ini kita lakukan karena ketidak tersediaan komponen .

Semoga berhasil.